SISTEM PUSKESMAS
Dengan Bagian Bagian
( sub sistem ):
1.
Perbaikan Gizi Masyarakat ( Gizi ),
2.
Kesehatan
Ibu dan Anak ( KIA )
3.
Kesehatan lingkungan, ( Kesling )
4.
Pencegahan
dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M),
5.
Promosi Kesehatan ( promkes ),
6.
Pengobatan,
7.
Spesifik lokal,
Pada masing-masing bagian (sub sistem)
merupakan sistem dengan sub sistem yang memiliki segmen yang tidak dapat
dibenahi lagi menjadi sistem dan sub sistem.
Dari bagian-bagian ini ( sub sistem
) kemudian diuraikan komponen-komponen
sistemnya yaitu dimulai dari :
Model sistemnya Input, Proses dan Output,tujuan,umpan
balik
Sub system input
:
-
Man yaitu Petugas ( medis/paramedis dan non
medis/paramedis )
-
Money yaitu Sumber-sumber pembiayaan kesehatan
-
Material
yaitu Bahan dan obat serta persediaan lainnya
-
Metode
yaitu Prosedur kerja /layanan kesehatan masyarakat
-
Markets
yaitu Masyarakat dan penderita di wilayah Puskesmas
-
Machine
yaitu Perlengkapan dan peralatan kesehatan
Sub system proses :
-
Proses kinerja petugas medis/paramedis dan non medis/paramedis
-
Proses penggunaan Bahan dan obat serta penyediaan lainnya
- Proses
penggunaan prosedur kerja/layanan kesehatan masyarakat
- Proses
pelayanan penderita dan pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat
- Proses penggunaan perlengkapan dan
peralatan kesehatan
- Proses pendapatan dan pengeluaran penganggaran
o Komponen proses ini diuraikan proses
pelayanan bagian-bagian pencapaian mutu pelayanan
Puskesmast yang dilaksanakan sesuai dengan rencana yang dibuat
o Disini diurai segala kegiatan bagian yang
terkait dengan berfungsinya atau tidaknya
( bagaimana kejadian dan bagaimana seharusnya) fungsi manajemen antara
lain, perencanaan, pelaksanaan,
pengorganisasin, koordinasi, monitoring evaluasi, penggunaan peralatan/bahan,
bimbingan tehnis dan lain-lain.
o Baik, tepat, sesuai, terpenuhi disini menunjukkan kegiatan yang seharusnya
dilaksanakan, Sedangkan kurang baik, tidak tepat, tidak terpenuhi menunjukkan
keadaan sebenarnya atau tidak berfunginya
manajemen dari proses tersebut diatas.
Sub system output:
-
Kualitas pelayanan Kesehatan Masyarakat oleh
PUSKESMAS ( Preventif, , Promosi, Kuratif, Rehabilitatif )
o
Komponen Ouput ini diuraikan kegiatan
bagian-bagian dan interaksinya dari pencapaian mutu pelayanan kesehatan masyarakat yang telah
dilaksanakan oleh Puskesmas baik preventif, promosi, kuratif maupun
rehabilitatif yang dinyatakan dalam satuan jumlah persatuan waktu atau
cakupan/hasil kegiatan, kunjungan frekwensi kontak dan lain-lain.
o
Optimal disini
menunjukkan pelayanan bagian-bagian yang berkisar antara 80-100% (
sebagai contoh ) dari semua komponen proses pelayanan kesehatan masyarakat yang
dilakukan oleh Puskesmas (cakupan dan target ). Dibawah 80 % kualitas pelayanan
bagian-bagian pelayanan pusat kesehatan
masyarakat (Puskesmas) dikatakan tidak atau kurang optimal
Tujuan :
1.
Meningkatkan
kinerja petugas medis/paramedis dan non medis/paramedis yang
kurang profesional menjadi profesional
misalnya datang terlambat menjadi datang tepat waktu, cepat pulang
menjadi pulang tepat waktu, tidak menempati janji dengan masyarakat menjadi
menempati janji, dll
2.
Meningkatkan
pelayanan penderita dan pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat tidak tepat
menjadi tepat misalnya diskusi/penyuluhan pada keluarga ( masyarakat
) tentang pengetahuan tentang cara membangun / menggunakan WC yang benar dan
sehat
3.
Meningkatkan
kinerja petugas medis/paramedis dan non medis/paramedis yang
kurang profesional menjadi profesional
misalnya datang terlambat menjadi datang tepat waktu, cepat pulang
menjadi pulang tepat waktu, tidak menempati janji dengan masyarakat menjadi
menempati janji, dll
Umpan balik :
1.
Pertemuan
Rutin peningkatan kinerja petugas.
2.
Penggalangan
sumber-sumber pembiayaan yang bersumber
dari masyarakat. Misalnya penggunaan Dana BAZ untuk pelayanan kesehatan keluarga miskin.
3.
Pendataan
penderita dan Masyarakat. Dalam program kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar